Cara Mudah Merawat Motor Matic Injeksi

by Arif Juhari , at 09.12 , have 2 komentar
Ads by google:
Ads by Google:
Merawat motor matic injeksi. Akhir-akhir ini pabrikan otomotif yang ada di Indonesia berlomba-lomba memperbarui produknya dengan menyematkan tehnologi terbaru sistem pengkabutan bahan bakar injeksi. Tehnologi ini dirasa perlu karena injeksi diklaim oleh beberapa pabrikan otomotif mampu menyuplai kebutuhan mesin secara maksimal,bahkan lebih irit serta ramah lingkungan dibandingkan dengan sistem karburator. Kelebihan lain dari penggunaan injeksi dibanding karburator adalah penggunaan injeksi tidak perlu melakukan perawatan berkala kebengkel untuk komponen injeksi tersebut. Namun apabila pengendara tidak mengetahui atau memperhatikan langkah-langkah untuk merawat motor injeksinya,bukan tidak mungkin komponen tersebut bisa rusak.

Cara Merawat Motor Matic Injeksi

Cara Merawat Motor Matic Injeksi

Maka dari itu supaya motor injeksi kita kondisinya tetap prima,dan mencegah terjadinya kerusakan injektor maka kita harus mengetahui hal-hal yang bisa membuat motor injeksi kita tetap awet kali ini otojan akan membagikan beberapa tips / cara merawat motor injeksi, maka dari itu kita harus memperhatikan hal-hal berikut;

1.Perawatan Kelistrikan ( ACCU)

Sistem kerja injektor bergantung pada arus accu,nah apabila arus accu sudah mulai melemah ada baiknya anda harus segera menggantinya dengan yang baru,karena sistem injektor tidak akan berfungsi apabila accu kita tekor.Nah saya ada tips khusus supaya accu kita bisa bertahan sampai 4 tahun bahkan lebih. Saya kasih bocoran pertama,jangan menggunakan aksesori yang menyedot arus accu terlalu banyak,contohnya penggunaan lampu HID itu akan memperpendek umur accu. Yang kedua,sistem kelistrikan sepeda motor secara otomatis akan mengisi ulang daya acu itu sendiri, namun pengisian tersebut tidak akan maksimal apabila kita berjalan jarak pendek,apa lagi jalannya dibawah 40 km/jam alhasil accunya paling bisa bertahan 1 tahun saja,karena kasus tersebut sering terjadi di daerah saya alih-alih motor baru takut rusak jalanya nggak mau kenceng,jadinya motornya malah loyo dan accunya cepat ganti.

Nah, untu memaksimalkan kinerja pengisian arus accu yang harus diperhatikan adalah sesekali motor harus diajak lari kencang kurang lebih 50-60 km/jam, ya...kurang lebih 15-30 menit,tidak perlu tiap hari, 1 minggu sekali aja sudah bisa mengisi accu full,kalau mau tiap hari juga nggak apa-apa itu kan hak kalian sendiri.
Untuk mengetahui cara merawat aki anda bisa baca Cara Merawat Aki.

2.Selang Saluran Bahan Bakar

Injektor berfungsi menyemprotkan kabut  bahan bakar dengan tekanan tinggi ke mesin yang takaran dan waktunya diatur oleh ECU (Electronic Control Unit).
Selain berperan dalam proses pembakaran bahan bakar,piranti ini juag yang menentukan boros tidaknya konsimsi bahan bakar sepeda motor.Namun,keakuratan sistem kerja piranti ini juga bergantung pada komponen lain seperti selang bahan bakar dan pompa bahan bakar.
Baca: cara menghemat bahan bakar

3.Pompa Bahan Bakar

Bila sepeda motor sudah berjalan lebih dari 50 ribu kilo meter atau kelipatanya maka sebaiknya dilakukan pengecekan pompa bahan bakar.Cara mendeteksi piranti ini sebenarnya cukup mudah,Caranya putar kunci kontak ke posisi “on” sambil mendengarkan area tangki bahan bakar,apabila terdengar suara mendesing agak keras, berarti filter fuel pump terganggu. Tai apa bila suara mendesingnya biasa saja berarti piranti ini masih normal. Nah yang perlu anda lakukan jika suara mendesing keras adalah dengan cara membersihkan isi tangki.

4.Ketepatan Posisi Klep Injektor

Walaupun waktu dan tekanan klep injektor diatur oleh ECU yang telah diprogram dari pabrikan, namun tak jarang posisi klep mengalami perubahan karena beberapa sebab. Apabila terlalu renggang maka asupan bahan bakar akan berlebih,begitu pula sebaliknya apabila terlalu rapat maka asupan bahan bakar terlalu sedikit. Apabila anda mengalami kejadian motor injeksi anda berubah menjadi boros maka ini adalah salah satu penyebabnya. Kalau masalah ini terjadi sebaiknya bawa ke bengkel resmi,karena bengkel biasa belum tentu punya alat khusus untuk injeksi.

5.Periksa Filter Udara
Cara Merawat Motor Matic Injeksi


Filter udara adalah salah satu komponen yang berpengaruh penting dan bisa dikatakan berumur pendek.Salah satu tanda kalau filter udara kotor adalah apabila motor diajak lari kencang rasanya agak ngadat,beda kalau filter masih bersih.Misalkan saja motor biasanya kuat melaju hingga 100 km/jam, maka kalau filternya kotor paling mentok 80-90 km/jam.Segera ganti filter jika kejadian tersebut terjadi pada motor anda.

6.Panasi Kendaraan

Ini adalah faktor yang sangat penting yang harus kita lakukan setiap hari saat motor akan kita gunakan panasi kurang lebih 1-5 menit. Kegiatan ini bertujuan supaya pembakaran bahan bakar menjadi lebih sempurna saat motor kita ajak jalan.Selain itu,oli yang terdiam selama satu malam akan mengalami proses pengentalan,nah supaya oli mesin bisa masuk kecelah-celah kecil dengan sempurna,misalkan ke area antara piston,ring piston serta dinding piston,maka oli perlu diencerkan. Nah dengan cara memanasi motor maka oli tersebut secara otomatis akan menjadi encer dan akan melumasi seluruh bagian mesin.

7.Ganti Oli mesin

Oli merupakan faktor paling penting dalam menentukan umur kendaraan anda, apa bila anda ingin kendaraan anda awet maka anda harus mengganti oli mesin anda setelah menempuh jarak minimal 2000 km  dan maksimal 4000 km.
Baca: cara ganti oli motor

Nah demikian tadi ulasan dari saya pribadi supaya bisa bermanfaat bagi motor kita semua dan apabila hal tersebut anda perhatikan saya yakin motor anda akan awet.Ingat..!!! pencegahan itu lebih Hemat...
Terimakasih telah berkunjung di blog otojan, semoga artikelnya bermanfaat.
Ads By Google :
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Cara Mudah Merawat Motor Matic Injeksi - posted by Arif Juhari , published at 09.12, categorized as Tips . And have 2 komentar
2 komentar Add a comment
Maryanto
Trimakasih atas ilmu pengetahuan nya mas bro....
Reply Delete
Maryanto
Trimakasih atas ilmu pengetahuan nya mas bro....
Reply Delete
Cancel Reply
GetID

About Me :

Google+ Saya

histats