Cara Merawat Motor Matic Yang Mudah dan Menyenangkan

by Arif Juhari , at 04.37 , have 1 comment
Ads by google:
Ads by Google:
Motor matic adalah motor yang saat ini menjadi trend masyarakat Indonesia dan itu bisa kita dilihat di jalanan-jalanan diseluruh Indonesia motor matic mulai mendominasi aspal jalan dari pelosok desa hingga kota.Karna bodynya yang ramping, motor matic ini terkesan gesit dan mudah untuk dikendarai,bahkan bagi orang yang baru belajar biasanya lebih suka mengendarai motor matic,karna tinggal pencet double starter langsung tancap gas jalan dech tu matic.

Dari waktu ke waktu perkembangan motor matic pun mulai meningkat,dari yang dulunya karburator kini digantikan system pengkabutan bahan bakar dengan menggunakan Injecktion fuel system disertai fitur-fitur canggih dan menarik lainya,yang menjadi daya tarik maupun persaingan pabrikan –pabrikan otomotif untuk menggaet hati para pembelinya.Tidak hanya itu,motor matic pun kini acap kali dinobatkan sebagai motor yang gesit,irit dan kencang.

Cara Merawat Motor Matic


Akan tetapi fitur-fitur canggih yang ada pada motor matic saat ini tidak akan bekerja maksimal apabila si pemiliknya kurang memahami perawatan yang ada pada motor maticnya. Kita ambil salah satu contoh misalkan si pemilik sering kali kehabisan bensin dalam tangki,maka hal ini akan menyebabkan system elektrik yang ada pada injeksinya mengalami kerusakan dan akhirnya motor tidak bisa di start.

Baca juga: cara merawat motor matic injeksi

Maka dari itu kita wajib memperhatikan cara-cara untuk merawat motor kesayangan kita supaya awet.Dan kali ini saya akan membagi-bagi 6 cara sederhana yang dapat anda lakukan dan juga penjelasan-penjelasan yang sederhana,di antaranya adalah sebagai berikut:

LANGKAH - LANGKAH MERAWAT MOTOR MATIC


1.Panasi motor
Panasi motor anda tiap pagi apabila akan anda gunakan selama 1-5 menit.Pada dasarnya pada saat motor dalam keadaan mati selama 1malam maka oli yang ada pada motor akan kembali ke tempatnya(blok mesin)dan akan kembali ke wujud aslinya(pengentalan kembali).Oleh sebab itu kita tidak boleh melupakan hal yang satu ini.Pada saat kita memanasi motor,maka oli akan berubah sifatnya dari yang semula kental menjadi encer,sehingga ini bertujuan untuk melumasi bagian atau celah-celah kecil yang ada pada bagian motor seperi pada bagian antara piston,ring piston dan silinder piston.Hal ini bertujuan untuk memperpanjang umur piston itu sendiri.

2.Ganti Oli Mesin dan Oli Gardan
Penggantian oli adalah hal yang sangat penting yang tidak boleh kita anggap sepele karna oli merupakan faktor terpenting yang menentukan nyawa motor anda.Ganti oli anda tiap anda menempuh jarak maksimal  4000km.Mungkin anda pernah membaca artikel lain kalau harus mengganti oli tiap 2000km.Dalam jarak 2000km sebenarnya kualitas oli masih bagus,tapi untuk anda yang mempunyai uang pas-pasan saya sarankan untuk menggantinya tiap 4000km.

Oli gardan,berfungsi melumasi gigi-gigi yang berada pada samping CVT.Gigi-gigi ini tidak langsung berhubungan dengan sistem pembakaran,jadi oli ini dapat bertahan empat kali dari pada oli mesin.

3.Servis Rutin
Servis rutin ini bermaksud untuk mengetahui kendala-kendala apa yang terjadi pada motor anda seperti menyetel kerenggangan klep,kerenggangan busi dan hal-hal lain yang mungkin perlu dibenahi dari kendaraan anda.

4.Pakai Suku Cadang Asli
Dalam kurun waktu/jarak tmpuh kurang lebih 30.000km maka motor kita akan mengalami keausan-keausan dibeberapa sektor.Mungkin sebagian orang berfikir untuk mengganti part yang lebih murah dari part aslinya,pernah saya mengalami kejadian seperti ini,sewaktu saya perbaiki motor konsumen dia bilang untuk mengganti part yg murah aja, asal kuatsatu tahun lebih.sebenarnya pemikiran seperti itu keliru,padahal part asli sama mitasi harganya nggak beda jauh,kalau part asli bisa bertahan sampai 4-5 tahun bahkan lebih mengapa kita tidak beli part yang asli saja.

5.Ganti Filter Udara
Filter udara yang tersumbat banyak debu akan membuat motor anda loyo,juga boros bahan bakar. Oleh sebab itu segera ganti filter udara motor anda,ingat ganti dengan yang asli,karna filter udara yang asli pada kertasnya terdapat pelumas khusus sehingga mencegah debu masuk  ke karburator/injeksi pada motor sehingga membuat motor lebih awet.

6.Perawatan Accu
ACCU merupakan faktor penting untuk menghidupkan motor anda,lebih-lebih untuk motor injeksi apabila aki tekor maka motor nggak akan nyala.Untuk aki type basah cek air aki maksimal 2bulan sekali,untuk aki type kering memang tidak perlu repot-repot cek aki.Akan tetapi semua jenis accu itu membutuhkan penyetruman ulang. Sebenarnya motor itu dapat menngisi accunya sendiri,akan tetapi hal itu bekerja maksimal pada saat motor melaju dengan rpm tertentu.Akan tetapi kalau pada motor matic kita tidak bisa membaca perputaran mesin(rpm) jadi saya hanya bisa mengira-ngira berkendara dengan kecepatan diatas 50km/jam pengisian accu dapat bekerja maksimal.

Pengalaman saya,motor yg hanya berjalan dengan jarak dekat dan berjalan dibawah 50km/jam biasanya accunya hanya bertahan 1tahun.

Baca juga: cara membersihkan karburator dan cara membersihkan blok mesin

Ingat!!!!!! perawatan itu penting,jangan tunggu motor anda sampai rusak,karena akan memakan biaya banyak untuk perbaikan.Ibarat kata mencegah lebih baik dari pada mengobati.
Sekian dulu,demikian tips dari saya semoga bisa bermanfaat bagi anda dan motor kesayangan anda jadi awet.
Terimakasih telah berkunjung di blog otojan, semoga artikelnya bermanfaat.
Ads By Google :
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Cara Merawat Motor Matic Yang Mudah dan Menyenangkan - posted by Arif Juhari , published at 04.37, categorized as Tips . And have 1 comment
1 comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Google+ Saya

histats