Cara Membersihkan Interior Mobil Yang Baik dan Benar

by Arif Juhari , at 07.55 , have 2 komentar
Ads by google:
Ads by Google:
Cara membersihkan interior mobil sebenarnya sangat mudah asal ada kemauan. Kebersihan interior mobil sangat di perlukan agar saat berkendara kita merasa nyaman dan betah selama berada di dalamnya. Namun masih saja banyak pengendara yang kurang memperhatikan dan menyadari pentingnya faktor kebersihan interior mobil. Sebagus dan semahal apapun yang di pakai maka tidak akan bernilai jika di biarkan kotor terus menerus.

Terlalu sibuk dan tak punya waktu kadang menjadi alasan utama mereka ketika berbicara mengenai keadaan yang tidak mengenakan tersebut. Padahal untuk melakukan perawatan dan pembersihan sendiri tidak memerlukan waktu yang lama. Yang perlu di pertimbangkan adalah resiko kerusakan material akibat menumpuknya debu dan kotoran.



Cara Membersihkan Interior MobilMaterial interior mobil yang bervariasi bahannya membutuhkan perawatan dan penanganan yang berbeda pula, jenis zat yang terkandung dalam cairan pembersih mungkin cocok dengan material yang satu, akan tetapi belum tentu cocok dengan material yang lain. Bahan material yang di pakai untuk setiap bagian dalam kabin memilki fungsi dan sensitifitas yang berbeda. Sebagai contoh, pembersih khusus dashboard tidak dapat di pakai untuk material pembungkus kursi. Akan tetapi pada sebagian pengguna salah kaprah dalam pengaplikasiannya.

Pada waktu singkat memang terlihat bersih dan mengkilap meskipun kita memakai formula pembersih yang sama, akan tetapi lama kelamaan akan timbul beberapa efeknya antara lain warna yang memudar, terdapat garis pecah – pecah, terkelupas, dan terlihat kering atau getas. Penyesuaian pembersih dengan material yang di bersihkan kadang menjadi salah satu faktor yang membuat kita malas membersihkan interior mobil.

Cara Membersihkan Interior Mobil


Pemilihan pembersih dengan kandungan zat yang aman bagi semua material interior adalah langkah awal yang baik, pilih formula waterbashed atau yang ber PH netral karena yang berkadar asam atau basa hanya cocok untuk jenis material tertentu.
Berikut beberapa tips bagaimana cara membersihkan interior mobil.

Cara Membersihkan Interior Mobil

Jok / Kursi

Jok merupakan salah satu faktor terpenting dalam kabin, karena di sanalah kita akan duduk selama perjalanan. Pelu anda ketahui bahwa bahan yang di gunakan untuk membuat jok itu sangat beragam, dan pastinya perlu perhatian khusus untuk merawatnya agar jok tetap awet dan nyaman saat di duduki. Bila jok sudah mulai ada tanda kerusakan seperti busa yang sudah kempes, kulit jok yang sudah sobek, maka langkah yang terbaik adalah dengan cara mengganti jok tersebut akan tetapi masih tetap menggunakan rangka aslinya. Berikut cara membersihkan jok berdasarkan jenis bahan yang di gunakan untuk membungkusnya.

1. Jok Kulit Asli (Original Leather)

Langkah awal adalah persiapkan dahulu alat yang akan di gunakan seperti plas chamois, lap kering dan berbahan halus, sikat atau kuas yang tidak terlalu keras dan vacum cleaner jika ada. Untuk obat pembersih carilah di toko variasi mobil atau supermarket, jangan lupa periksa bahannya. Untuk bagian yang sukit di jangkau gunakanlah kuas atau bisa menggunakan vacum cleaner, kemudian usaplah jok beberapa kali dengan menggunakan plas chamois yang sudah di basahi dan di peras sebelumya. Berilah cairan pembersih dengan cara di semprot pada bagian per bagian, jangan sampai pembersih tersebut kering dengan sendirinya sebelum di lap.
Cara perawatannya adalah lakukan pembersihan segera setelah terkena noda, gunakan “Leather Conditioner” secara berkala tiap 3-4 bulan. Hindari memarkir kendaraan di tempat yang terik, apabila terpaksa, maka gunakanlah sun visor untuk menutupi jendela saat memarkir di tempat yang terkena matahari langsung.

2. Jok Beludru

Merawat jok berbahan beludru memang harus ekstra hati-hati, jok berbahan beludru memerlukan perawatan ekstra di bandingkan dengan jok jenis kulit atau sejenisnya. Berikut cara membersihkan dan merawat jok beludru.
Sediakan alat pendukung seperti sikat atau kuas halus, lap bersih yang berbahan halus, cairan pembersih khusus beludru, vacum cleaner bila ada.
Langkah pertam bersihkan kotoran yang terdapat pada sela-sela jok menggunakan kuas atau vacum cleaner, ssetelah itu semprotkan cairan pembersih ke permukaan yang akan di bersihkan. Segera sikat bagian yang sudah di semprot tadi, lakukan secara parsial atau per bagian. Untuk noda yang cukup membandel harus di lakukan berulang – ulang hingga bersih. Setelah selesai menyikat, permukaan tersebut harus langsung di usap dengan lap hingga bersih. Sebelum di gunakan jok harus di keringkan terlebih dahulu.

3. Jok Semi Kulit (Shyntetic Leather)

Dalam membersihkan noda yang menempel pada jok jenis ini dapat di lakukan dengan cara menggunakan pembersih bahan semi kulit yang banyak beredar di pasaran, akan tetapi apa bila tidak ada maka bisa menggunakan pembersih kaca atau sampoo untuk membersihkannya. yang perlu di perhatikan adalah jangan mengunakan sabun colek atau alkohol karena bisa merusak bahan semi kulit.Untuk cara perawatannya sama dengan merawat jok bahan kulit di atas.

Dashboard


Pada bagian dashboard ini biasanya yang paling sering terkena sinar matahari langsung ketika sedang parkir maupun saat berjalan. Dan apabila tidak di rawat maka akan menimbulkan permukaan dashboard menjadi kusam dan retak-retak.

Cara membersihkannya adalah terlebih dahulu bersihkan debu yang menempel pada permukaan dashboard, dan konsol dengan kemoceng yang berbahan halus. Kemudian di lanjutkan dengan cara menggosok permukaan dashboard yang sebelumnya telah di beri cairan pembersih khusus atau air hangat. Saat melakukan penggosokan jangan menekannya terlalu keras, karena akan memungkinkan permukaan dashboard terdapat goresan kecil. Gunakan kuas untuk membersihkan debu pada bagian yang susah di jangkau seperti pada blower AC, lipatan – lipatan di pojok dashboard dan lain sebagainya yang sulit di jangkau tangan. Setelah semua proses selesai kemudian lap dengan kain kering agar cairan pembersih tidak meninggalkan bekas dan flek pada dashboard.

Cara perawatannya adalah dengan cara mengoleskan treatment protection seperti cairan pelindung UV untuk memberikan kilap pada dashboard sekaligus menjaga kelembaban dashbord. Apabila parkir usahakan parkir di tempat yang teduh.

Anda juga perlu membaca Cara merawat cat mobil dan Cara membersihkan ruang mesin

Sekian dulu ulasan dari saya semoga artikel di atas dapat membantu merawat mobil adalah hal yang menyenangkan dan membawa kebanggaan tersendiri saat melihat mobil tampak bersih.

Terimakasih telah berkunjung di blog otojan, semoga artikelnya bermanfaat.
Ads By Google :
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Cara Membersihkan Interior Mobil Yang Baik dan Benar - posted by Arif Juhari , published at 07.55, categorized as Tips . And have 2 komentar
2 komentar Add a comment
Rikko Hamdan
oalaaah gokil juga caranya. jangan lupa juga untuk memoles dasbornya gan, biar kinclong. btw mampir gan ke lapak ane. ada artikel tentang tips memoles dasbor
Reply Delete
Rikko Hamdan
oalaaah gokil juga caranya. jangan lupa juga untuk memoles dasbornya gan, biar kinclong. btw mampir gan ke lapak ane. ada artikel tentang tips memoles dasbor
Reply Delete
Cancel Reply
GetID

About Me :

Google+ Saya

histats