Cara Mengganti Oli Mesin Motor Di Rumah

by Arif Juhari , at 08.32 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by Google:
Cara mengganti oli mesin motor sebenarnya adalah perkara yang mudah, akan tetapi tidak semua orang berani melakukannya. Mungkin sebagian dari mereka ada yang takut kotor, nggak punya kunci untuk membuka baut tap oli dan lain sebagainya. Padahal hal semacam ini seharusnya menjadi pengetahuan dasar bagi para bikers.

Oli dalam sebuah mesin kendaraan mempunyai peranan yang sangat penting. Oli juga sangat menentukan usia mesin itu sendiri. Bila kita menginginkan mesin kita awet, maka kita harus mengganti oli mesin secara rutin dan teratur. Hal ini terjadi karena semakin lama usia pemakaian oli, maka kualitas pelumas di dalamnya juga akan berkurang. Penggantian oli untuk motor 4 tak biasanya saya lakukan maksimalnya saat kendaraan menempuh 4000 km. Usahakan selalu di bawah 4000 km, supaya kendaraan kita selalu dalam keadaan prima.

Baca juga : cara merawat rantai motor

Cara Mengganti Oli mesin


Langkah-Langkah Yang Harus Di Lakukan 


Kali ini saya akan berbagi tips cara mengganti oli yang baik dan benar yang dapat anda lakukan sendiri di rumah.

1. Persiapkan dulu alatnya seperti wadah untuk menampung oli,corong, tang, kunci ring untuk membuka baut tap oli, biasanya berukuran 12, 14, 17 dan 19 karena tiap motor berbeda-beda dan pastinya persiapkan oli baru. Perhatikan pula volume oli mesin anda sebelum membeli oli baru.

2. Pastikan saat akan mengganti oli mesin dalam keadaan hangat, ini bertujuan supaya oli yang terjebak di dalam mesin menjadi encer, sehingga mudah untuk mengalir keluar.

3. Tempatkan wadah untuk menampung oli bekas di bawah baut tap, kemudian buka baut tap tersebut dan biarkan oli mengalir, buka pula tutup oli bagian atas.

Cara Mengganti Oli

4. Gunakan angin bertekanan tinggi atau kompresor supaya  oli yang tersisa di dalamnya bisa ikut keluar. Atau kalau tidak punya kompresor hidupkan mesin sekitar 15– 25 detik saja agar sisa oli bekas dalam mesin dapat keluar. Cara ini mungkin menurut anda cukup ekstrim, akan tetapi masih aman untuk mesin anda asalkan jangan menghidupkan mesin terlalu lama.

5. Bila semua proses di atas sudah selesai, langkah selanjutnya adalah tutup kembali baut tap mesin. Biasanya pada tipe motor tertentu terdapat saringan oli, bersihkan juga saringan oli tersebut apa bila terdapat kotoran.

6. Apa bila anda sudah yakin baut tap oli sudah terpasang dengan baik dan kencang, tuangkan oli yang baru, jangan lupa pakai corong atau kalau tidak ada bisa memakai alat seadanya untuk memudahkan anda memasukkan oli  yang baru agar tidak berceceran.

7. Pasang kembali tutup pengisian oli. Pastikan tutup terpasang dengan kencang dan motor siap di gunakan.
Nah, sangat mudah bukan cara mengganti oli, asalkan ada kemauan pasti bisa melakukannya. Gantilah oli anda secara teratur agar motor anda awet dan tahan lama. Jangan biarkan motor anda rusak gara-gara telat ganti oli. Rawatlah motor anda agar motor anda tetap selalu dalam keadaan prima, nyaman untuk di kendarai dan pastinya akan awet.

jangan lupa baca juga : Cara Merawat Motor Injeksi dan Cara Merawat Aki Kering

Cukup sekian dulu dari saya semoga tips saya di atas dapat bermanfaat bagi anda. Tips di atas adalah pengalaman saya sewaktu masih jadi bengkel, dan cara di atas sudah saya terapkan dalam waktu yang lama.
Terimakasih telah berkunjung di blog otojan, semoga artikelnya bermanfaat.
Ads By Google :
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Cara Mengganti Oli Mesin Motor Di Rumah - posted by Arif Juhari , published at 08.32, categorized as Motor , otomotif , Tips . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Google+ Saya

histats