Cara Mudah Menghemat BBM mobil dan Motor

by Arif Juhari , at 20.23 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by Google:
Cara mudah menghemat BBM mobil dan motor.Akhir-akhir ini masyarakat di buat bingung dengan kebijakan pemerintah yang membuat kebijakan menaikkan bahan bakar minyak. Perlu kita ketahui , ekonomi bangsa Indonesia saat ini masih bergantung dengan bahan bakar minyak. Apabila harga bahan bakar naik, maka tidak heran pula kalau barang-barang lainnya pun juga akan ikut naik. Hal ini wajar saja terjadi, karena semua biaya operasional dan biaya produksi pun menjadi naik. Itulah sebabnya mengapa bahan bakar minyak perannya menjadi sangat vital pada perputaran perekonomian bangsa kita tercinta ini.

Beberapa faktor yang menyebabkan bahan bakar semakin lama semakin mahal adalah akan di cabutnya subsidi bahan bakar oleh pemerintah pusat. Lagi-lagi kita harus bisa memutar otak agar kita dapat semaksimal mungkin untuk menghemat bahan bakar. Saat ini banyak sekali kita jumpai beberapa upaya pemerintah untuk dapat menghemat bahan bakar, di antaranya adalah motor keluaran terbaru harus lulus uji emisi gas buang setara EURO 3. Akan tetapi karena jumlah kendaraan yang tiap tahun semakin meningkat, maka hal yang semacam itu seakan tidak dapat mengontrol kebutuhan bahan bakar tiap harinya.
Baca juga : cara parkir mobil

Hemat BBM

Cara Menghemat BBM

Sebagai masyarakat, kita harus berfikir bagaimana caranya agar kita bisa mensiasati hal semacam itu. Nah, bagi anda yang saat ini aktivitasnya bergantung pada kendaraan, baik itu anda seorang sopir ataupun pekerja ataupun apalah, yang memang dalam keseharian kita memang tidak pernah lepas dari yang namanya kebutuhan akan bahan bakar minyak.

Kali ini saya punya informasi penting yang mungkin sangat berguna sekali untuk anda ketahui agar dapat meminimalisir penggunaan bahan bakar pada kendaraan anda, yang tentunya juga dapat menghemat pengeluaran anda. Hal yang perlu anda lakukan di antaranya adalah sebagai berikut.

Panaskan mesin

Memanaskan mesin adalah faktor yang sangat penting sebelum sebuah kendaraan di jalankan. Hal ini karena pada saat mesin  dalam keadaan dingin, maka oli dalam mesin akan mengental, dan itu butuh waktu untuk mengencerkannya yaitu dengan cara memanasi mesin. Selain itu juga memanasi mesin juga bertujuan untuk menyempurnakan pembakaran bahan bakar agar lebih optimal. Lakukan pemanasan mesin kurang lebih selama 3-5 menit.

Putar/injak gas secara perlahan

Mungkin beberapa diantara kita tidak menyadari bahwa memutar/menginjak gas dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Memutar/menginjak gas terlalu keras, maka konsumsi bahan bakar akan lebih banyak. Hal ini terjadi karena bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran tidak seluruhnya dapat terbakar dengan senpurna. Maka dari itu supaya kita dapat mengoptimalkan kinerja bahan bakar, maka putar/injaklah gas secara perlahan dan menjaga kecepatan secara stabil.

Jangan terlalu sering menginjak rem

Terlalu sering menginjak rem, maka anda juga lebih kerap memutar/menginjak gas. Maka dari itu jagalah kecepatan laju kendaraan anda secara konstan. Rem hanya di perlukan saat keadaan darurat saja. Nah, bagi anda yang menggunakan mobil anda dapat memanfaatkan engine brake untuk mengurangi kecepatan, dan rem untuk keadaan yang sangat di butuhkan.

Perhatikan beban

Jangan membawa beban melebihi berat baban yang sudah di tentukan pada kendaraan anda, karena semakin berat beban yang anda bawa akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Hal ini terjadi karena setiap 50 kg beban akan menambah konsumsi bahan bakar sebesar 2%. Untuk itu perhatikanlah barang /muatan anda.

Tekanan angin pada ban

Kondisi ban juga sangat mempengaruhi konsumsi  bahan bakar. Tekanan angin pada ban yang kurang akan membuat laju kendaraan bertambah berat dan hal ini juga akan mempengaruhi kinerja mesin, yang akibatnya akan menambah kebutuhan akan bahan bakar.

Kontrol kecepatan

Beberapa di antara kita beranggapan bahwa jika kita memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi, maka kita dapat menghemat bahan bakar. Ternyata hal semacam itu salah besar, pada kenyataanya saat kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi, maka konsumsi bahan bakar akan meningkat sekitar 50% karena pengaruh dari sistem aerodinamisnya. Maka dari itu, untuk menghemat bahan bakar anda harus mengendarai kendaraan dengan kecepatan normal antara 40-60 km/jam. Hal ini dapat menghemat bahan bakar sebesar 25%.

Kurangi kerja AC

Jangan menggunakan AC kalau memang tidak sangat di butuhkan, karena pada saat AC di hidupkan otomatis akan membebani kinerja mesin yang secara otomatis akan membutuhkan bahan bakar lebih banyak.
Baca juga : cara merawat ac mobil

Perawatan mesin

servis kendaraan anda secara berkala agar kinerja mesin lebih optimal dan semua komponen-komponen pada kendaraan dapat bekerja dengan maksimal. Dengan cara seperti itu, maka anda dapat mengoptimalkan pemakaian bahan bakar.

Pilih bahan bakar

Bahan bakar merupakan hal yang sangat penting. Penggunaan bahan bakar yang baik akan mempengaruhi kinerja mesin lebih baik. Dalam hal ini saya lebih senang menggunakan bahan bakar pertamax di bandingkan dengan bensin. Karena dengan selisih harga yang tidak seberapa saya dapat memperoleh bahan bakar yang bagus. Jarak tempuh pun lebih jauh jika di bandingkan dengan menggunakan bensin biasa.

Hemat BBM


Jangan lupa, baca juga :  tips cara merawat ban mobil dan tips cara mengganti oli mobil.

Demikian tadi ulasan dari saya tentang bagaimana cara kita menghemat BBM, cukup sekian dulu para pecinta otomotif, semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi kita semua.

Terimakasih telah berkunjung di blog otojan, semoga artikelnya bermanfaat.
Ads By Google :
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Cara Mudah Menghemat BBM mobil dan Motor - posted by Arif Juhari , published at 20.23, categorized as otomotif , Tips . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Google+ Saya

histats