Perbedaan Yamaha Jupiter MX King dan Jupiter MX 150 Beserta Spesifikasinya

by Arif Juhari , at 17.24 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by Google:
Yamaha MX King adalah generasi terbaru dari Yamaha yang ditujukan untuk anda para kawula muda yang mempunyai hobi kebut-kebutan. Ya sudah barang tentu,dengan berbekal mesin 150 cc motor ini mampu di ajak berakselerasi dengan cepat dan gesit.

Indonesia tanah air kita adalah sebuah negara dengan pertumbuhan penjualan terbesar di kawasan Asia, sudah barang tentu kesempatan ini banyak sekali di manfaatkan beberapa pabrikan terbesar kelas dunia, khususnya sepeda motor. Setelah sebelumnya sukses dengan versi lamanya yakni Yamaha Jupiter MX 135 cc, kini Yamaha mulai merambah dengan mesin terbarunya 150 cc dengan di lengkapi sistem injeksi.  Kuda Besi penerus kejayaan Jupiter MX 135 ini memiliki dua varian, yang pertama adalah Yamaha Jupiter MX King 150 itu sendiri, dan juga versi murahnya, yaitu Jupiter MX 150.

Persaingan yang cukup ketat pada pasar otomotif dengan segmentasi motor bebek di Tanah Air membuat jantung berbagai pabrikan otomotif menjadi berdegup cepat. Minat konsumen motor akan sebuah kuda besi yang handal ini rupanya membuat salah satu produsen motor asal Jepang merasa tertantang untuk menciptakan produk terbarunya ke pasaran. Produsen motor tersebut adalah sebuah brand dengan ciri khas lambang kebanggaan garpu tala, yaitu Yamaha. Pabrikan otomotif tersebut berusaha memenuhi permintaan konsumen dengan menciptakan produk baru dalam segmentasi anyar, yakni bebek sport. Produk terbaru tersebut adalah Yamaha Jupiter MX King 150.

Yamaha Jupiter MX-King


Sekedar informasi saja, bahwa sebenarnya Yamaha Jupiter MX King 150 andalan Yamaha Indonesia ini telah diluncurkan terlebih dahulu di negara Asia Tenggara lainnya. Negara tersebut adalah Vietnam, melalui Yamaha Vietnam mereka telah mengenalkan Yamaha Jupiter MX King 150 ini dengan nama yang berbeda, yaitu Yamaha Exciter 150, ke publik pecinta otomotif di sana pada akhir tahun 2014 lalu. Sama seperti persaingan otomotif di Tanah Air, motor bebek terbaru ini diciptakan untuk menghadang dominasi bebek “ayam jago” dari Suzuki yakni Suzuki Raider 150 atau Suzuki Satria F 150. Menurut rumor yang beredar, justru motor Yamaha ini lebih handal dari para pesaingnya tersebut. Benarkah demikian? Lalu, seperti apakah wujud dan performa dari Jupiter MX King 150 ini?


Perbedaan Jupiter MX King 150 Dengan Jupiter MX 150

Untuk desain dan spesifikasinya sama, namun ada 12 perbedaan antara Jupiter MX King 150 dan Jupiter MX 150. Perbedaanya terletak pada fitur dan warna. Jupiter MX 150 punya tiga warna Black Sniper, Red Corner, Racing Blue. Berikut perbedaan antara Yamaha Jupiter MX King dan Jupiter MX 150:

Yamaha Jupiter MX King

Tampak dari depan: Lampu depan tipe halogen HS1, Tuas rem dan kopling dibalut dengan warna hitam, Lampu senja menggunakan LED.
Dari belakang: Lampu sein berbentuk runcing
Handle seat: dibalut dengan warna silver kecuali motoryang berwarna hitam
Jok: Memiliki kombinasi dua bahan dengan jahitan
Spedometer: Memiliki warna LCD Putih, MID
Suspensi belakang: Dibalut dengan warna kuning
Velg: Memiliki pinstripe
Footsteep: Tilt able
Kaliper Rem: Dibalut dengan warna emas

Yamaha Jupiter MX 150


Tampak dari depan: Lampu depan tipe bulb, Tuas rem dan kopling dibalut dengan warna dasar (silver), Lampu senja tidak menggunakan LED.
Dari belakang: Lampu sein berbentuk Oval
Handle seat: dibalut dengan warna Hitam
Jok: menyatu satu bahan
Spedometer: Memiliki warna merah, odometer digital
Suspensi belakang: Dibalut dengan warna hitam
Velg: Tidak memiliki pinstripe
Footsteep: paten
Kaliper Rem: Dibalut dengan warna Hitam

      Spesifikasi Yamaha Jupiter MX King

Desain yang modern

Yamaha Jupiter MX King 150 ini memiliki desain yang sangat sporty, stylish dan modern. Mulai dari tampang depannya yang terlihat meruncing yang dipadukan dengan sayap atau fairing yang ramping menghasilkan sistem aerodinamis yang baik saat melaju. Untuk desain lampu utama, Yamaha Jupiter MX King 150 memang cukup simpel dan terlihat seperti bebek kebanyakan. Tapi aksen lampu kota yang berbentuk menyipit pada bagian depan dan lampu sein yang berada pada samping fairing membuat motor ini seperti menatap agresif. Lalu jika Yamaha Jupiter MX King 150 dilihat dari samping, akan memberikan aura sporty yang maksimal karena aksen mono shock dan tampilan samping yang penuh dengan lekukan tajam yang tegas. Joknya yang berukuran cukup besar dan luas pun akan memberikan kenyaman saat mengemudi. Apalagi dipadukan dengan stang khas motor bebek akan memberikan ergonomis berkendara yang sangat nyaman. Sedangkan untuk bagian belakangnya tidak usah diragukan lagi, karena Yamaha Jupiter MX King 150 memiliki tampilan motor super sport karena bentuk buritannya yang meruncing. Apalagi spesifikasi Yamaha Jupiter MX King 150 ini memiliki sepatbor menggantung khas Yamaha YZF R6 dan dipadukan oleh stoplamp sporty yang memiliki bentuk serupa dengan motor sport khas Yamaha.

Kaki-Kaki Yang Tangguh

Yamaha Jupiter MX KingYamaha Jupiter MX King 150 pada bagian kaki-kakinya. Jika dilihat kaki-kakinya, motor ini memiliki ukuran besar atau gambot yang membuatnya semakin tangguh dalam melaju di jalanan kota. Pada kaki-kaki bagian depan, Yamaha Jupiter MX King 150 memiliki ukuran ban 70/90 dengan velg berukuran  17 inci dan di sektor roda belakangnya dibalutkan ban berukuran 120/70 dengan velg berukuran 17 inci yang memberikan pijakan stabil dan tangguh pada motor ini. Kombinasi kaki-kaki ini memungkinkan Yamaha Jupiter MX King 150 ini untuk bermanuver pada kecepatan tinggi. Apalagi ban yang diberikan oleh pabrikan sudah memiliki jenis tubeless membuat kehandalan ban motor ini semakin tangguh untuk melaju di berbagai jenis jalanan tanpa khawatir mudah rusak atau bocor. Untuk sistem pengeremannya, Yamaha Jupiter MX King 150 memiliki jenis pengereman Hydraulic Disc berdiameter 245 mm pada bagian depan dan Hydraulic Disc berdiameter 203 mm di sektor belakang yang membuat pengereman motor ini terasa mantap dan aman. Untuk sistem suspensinya sendiri, Yamaha Jupiter MX King 150 menggunakan jenis Telescopic pada bagian depannya dan Single Axle Springs yang dipadukan dengan swing arm model biasa yang akan memberikan performa handling maksimal. Pada sektor suspensi belakang ini juga terdapat beberapa titik yang membedakan MX King dengan MX 150. Pada spesifikasi Yamaha Jupiter MX King 150 versi sport, warna suspensi atau monoshock-nya memiliki corak cerah dan pada velg-nya dilengkapi dengan pin stripe. Sedangakan MX 150 versi standar memiliki suspensi berwarna hitam tanpa pin stripe di velg-nya.

Dimensi

Yamaha Jupiter MX King 150 di bagian dimensi atau ukurannya, motor bebek sport Yamaha ini terlihat pas dan mantap untuk dikendarai. Menggunakan jenis frame steel pipes yang mengaplikasikan desain diamond structure membuat motor ini tangguh dan stabil dalam melaju di berbagai kondisi jalan perkotaan. Spesifikasi Yamaha Jupiter MX King 150 sendiri memiliki dimensi berukuran 1.970 x 670 x 1.080 mm dengan ketinggian tempat duduk 780 mm dan jarak roda mencapai 1.290 mm. Ukuran tubuh seperti ini membuat Yamaha Jupiter MX King 150 terasa sangat nyaman untuk dikendarai. Bahkan dengan dimensi tersebut, pengendara juga dapat melakukan berbagai manuver dalam kecepatan tinggi. Apalagi bobotnya yang memiliki ukuran 115 kg, membuat Yamaha Jupiter MX King 150 ini semakin terasa responsif saat melaju di jalanan. Kapasitas tangki penyimpanan bahan bakarnya yang sanggup menampung hingga 4.2 liter dirasa sudah cukup untuk menyuplai bahan bakar kala melakukan perjalanan jarak jauh.

Dapur Pacu

Yamaha Jupiter MX King 150 mengandalkan mesin berkapasitas besar di atas rata-rata motor bebek saat ini. Dampaknya tentu saja dapat memberikan performa yang powerfull dan tangguh. Yamaha MX King 150 ini memiliki mesin berkapasitas 149.7 cc yang terdiri dari 1 silinder, SOHC 4 katup, berpendingin mesin Liquid Cooled dan memiliki kompresi pembakaran 10.4 : 1. Kombinasi mesin pada Yamaha Jupiter MX King 150 ini mampu menyemburkan tenaga  sebesar 15.4 PS pada putaran mesin 8.500 RPM dengan torsi maksimal mencapai 13.8 Nm pada putaran mesin 7.000 RPM. Tenaga pada Yamaha Jupiter MX King 150 tersebut disalurkan melalui transmisi manual Full Cluth Centrifugal Wet yang memiliki 5 percepatan.
Dengan tenaga tersebut, motor ini terasa sangat responsif baik itu untuk berakselerasi atau meraih top speed. Apalagi, mesin Yamaha Jupiter MX King 150 juga didukung oleh bobot yang relatif ringan sehingga membuat motor ini mampu menghasilkan PWR (Power Weight to Ratio) yang cukup besar. Bahkan, kemampuan Yamaha Jupiter MX King 150 bisa ditandingkan dengan motor sport batangan 150 cc 4 tak lainnya. Untuk sistem penyuplai bahan bakar, Yamaha menyematkan sistem Fuel Injection (FI) dengan 1 injector yang membuat semprotan bensin akan stabil dan memberikan performa yang optimal serta memberikan konsumsi bahan bakar yang efisien.

Berikut adalah daftar spesifikasi lengkap Yamaha Jupiter MX King.

             Mesin

Tipe mesin
4-stroke, 4-valve, SOHC, berpendingin cairan
Jumlah silinder
Silinder tunggal
Kapasitas silinder
149,7 cc
Diameter dan stroke
57,0 x 58,7 mm
Rasio kompresi
10,4: 1
Daya maksimum
11.3 kW (15,4 PS) / 8.500 rpm
Torsi maksimum
13,8 N·m (1,4 kgf·m) / 7.000 rpm
Sistem pelumasan
Karter basah
Kapasitas oli mesin
0,97 L pada penggantian periodik
Kapasitas tangki bahan bakar
4,2 liter
Sistem bahan bakar
Injeksi (1 injector)
           Kelistrikan

Sistem pengapian
T.C.I digital
Bateray
YTZ4V / GTC4V (MF bateray 3 Ah)
Busi
NGK-CR8E
           Rangka

Tipe rangka
Pipa baja – struktur intan
Ukuran roda depan
70/90-17M/C 38P (tubeless)
Ukuran roda belakang
120/70-17M/C 58P (tubeless)
Rem depan
Cakram hidrolik (diameter 245,0 mm)
Rem belakang
Cakram hidrolik (diameter 203,0 mm)
Suspensi depan
Telescopic
Suspensi belakang
Mono shock
        Dimensi

P x L x T
1,970 mm x 670 mm x 1.080 mm
Tinggi jok
780 mm
Berat
115 kg
Jarak terendah ke tanah
135 mm

Harga Yamaha MX  King

Sekarang tibalah saat yang paling di tunggu-tunggu, yaitu adalah segmen harga dari pada motor Yamaha MX King. Sesuai dengan kubikasi mesinnya yang berkapasitas 150 cc, dipastikan harga Yamaha Jupiter MX King 150 terbaru memiliki kisaran harga yang cukup tinggi dan berada pada kisaran motor sport batangan kelas 150 cc saat ini. Di negara pertamanya, yakni Vietnam, Yamaha Jupiter MX King 150 ini memiliki nama lain Yamaha Exciter 150 ini dibanderol dengan harga 44.990.000 VND atau jika dikonversikan ke mata uang negara kita berkisar Rp 26.000.000 per satu unitnya. Bagaimana, mahal bukan ? namun harga tersebut berbeda dengan harga yang ada pada pasar otomotif di negara kita,karena pihak Yamaha telah membandrol dengan harga yang jauh lebih murah berkisar dibawah 20 jutaan.untuk haraga Yamaha Jupiter MX King di bandrol dengan harga Rp 18.950.000,- sedangkan untuk harga Yamaha Jupiter MX 150 di bandrol dengan harga Rp 18.450.000,-


Anda juga perlu membaca Harga Yamaha Byson dan Harga Kawasaki Ninja 250 Fi
Terimakasih telah berkunjung di blog otojan, semoga artikelnya bermanfaat.
Ads By Google :
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Perbedaan Yamaha Jupiter MX King dan Jupiter MX 150 Beserta Spesifikasinya - posted by Arif Juhari , published at 17.24, categorized as Motor . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Google+ Saya

histats