Cara Mengganti Ban Serep Sendiri

by Arif Juhari , at 03.34 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by Google:
Cara mengganti ban mobil serep bagi sebagian orang memang merupakan hal yang rumit. Bagi anak muda khususnya bagi para cewex memang jarang yang mengetahui bagaimana caranya mengganti roda yang baik dan benar. Mengingat kejadian ban kempes bisa terjadi di mana saja di mana kejadian tersebut tidak memandang waktu dan tempat. Misalkan saja pemirsa lagi pergi keluar kota atau kemana saja dan melewati hutan atau perkebunan, di mana untuk mendapatkan tambal ban di sana pastilah sulit, dan kebetulan ban mobil anda kempes, maka mau tidak mau anda di tuntut harus bisa mengganti ban yang kempes tadi dengan ban serep yang ada.

Jika pengalaman mengganti ban serep belum pernah,maka yang terjadi pasti saat itu juga kita pasti kebingungan. Mau telfon teman posisi kita jauh kan nggak enak, mau browsing-browsing kalau ada sinyal mending, tapi kalau nggak ada sinyal mau gimana coba? Karena di negara kita tercinta ini tidak semua wilayah mempunyai sinyal yang baik. Namun tenang pemirsa kali ini kami akan memberikan anda caranya mengganti ban mobil yang baik dan aman.



cara ganti ban




Cara mengganti ban mobil

Sebelum kita bepergian menggunakan mobil, pastikan semua perlengkapan seperti kunci-kunci yang di butuhkan untuk mengganti ban tidak ketinggalan, bukan hanya kunci untuk mengganti ban saja yang perlu kita bawa, kalau perlu bawalah kunci  satu set selalu dalam mobil. Bagaimanapun juga setidaknya kita harus jaga-jaga apabila terjadi keadaan yang tidak kita inginkan.
Jika pemirsa mengalami pecah ban ataupun ban kempes karena terkena benda tajam seperti paku atau baut, dan lain sebagainya, maka yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut.

cara ganti ban1. Carilah tempat yang sekiranya aman untuk memarkir mobil, pastikan di tepi jalan dan usahakan jangan memakan bahu jalan. Cari tempat yang datar nyalakan juga lampu hazard.

2. Keluarkan alat untuk membuka roda dan juga persiapkan dongkrak.

3. Sebelum melakukan proses pendongrakan, pastikan mobil tidak bisa bergerak maju ataupun mundur,caranya adalah tarik hand rem atau ganjal bagian roda yang tidak bermasalah dengan batu atau benda apapun,yang penting bisa buat mengganjal.

4. Kendurkan baut roda, ingat hanya di kendurkan sedikit saja jangan sampai lepas.

5. Cari posisi buat dongkrak agar dongkrak dapat tertata secara optimal. Biasanya di letakan di bawah sasis atau per roda dekat ban yang bermasalah. Dongkrak sampai ban sedikit terangkat dari tanah. Ingat hanya sedikit terangkat.

6. Lepas semua baut roda yang sudah di kendurkan tadi, kemudian lepas roda dengan perlahan.

baca: cara memilih ban baru untuk mobil


7. Ambil roda serep dan pasangkan ke tempatnya, apabila sudah terpasang, masukan baut roda dengan cara di putar menggunakan tangan saja, bila perlu tambahkan pelumas atau minyak rambut pada baut agar saat pelepasan kembali tidak terlalu sulit.

8. Turunkan dongkrak dan kencangkan kembali baut roda tadi dengan kunci, ingat cara mengencangkan baut roda harus silang, agar baut bisa kencang dengan sempurna.

9. Bereskan semua peralatan dan selesai, mobil sudah bisa di gunakan.

Bagi orang yang masih baru pertama kali membuka baut roda mungkin akan kesulitan, gunakan pipa besi yang agak panjang agar proses pengenduran baut menjadi lebih mudah. Kalau masih meras kesulitan caranya adalah posisikan kunci pada baut yang benar (jangan miring) kemudian tekan pipa besi dengan kaki kuat-kuat. Demikian tips dari saya tentang cara mengganti ban serep mobil.

Baca juga:

1. modifikasi honda jazz
2. modifikasi toyota avanza
3. modifikasi mio fino
4. modifikasi vario 125
5. modifikasi vario 150



Terimakasih telah berkunjung di blog otojan, semoga artikelnya bermanfaat.
Ads By Google :
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Cara Mengganti Ban Serep Sendiri - posted by Arif Juhari , published at 03.34, categorized as Mobil , Tips . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Google+ Saya

histats