Cara Stel Karburator RX King

by Arif Juhari , at 01.26 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by Google:
Cara seting karburator RX King sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara seting karburator lainya, karena pada dasarnya cara kerja karburator itu sama, yaitu memberikan pasokan bahan bakar menuju ruang pembakaran, adapun prosesnya adalah menggabungkan campuran udara dan bahan bakar yang sesuai sehingga bahan bakar akan lebih mudah terbakar sempurna di dalam ruang pembakaran mesin.

Yamaha RX King adalah motor keluaran Yamaha yang sempat merajai jalanan pada era kejayaanya. Bahkan karena performanya yang sangat baik, motor ini juga sering di sebut sebagai motor jambret, karena pada waktu era kejayaanya motor ini sering di gunakan pelaku jambret untuk memuluskan aksinya. Selain itu juga motor ini sangat mudah dalam perawatan.



Cara menyetel karburator RX King


Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam menyetel karburator, maka alangkah baiknya juga dengan melakukan karburator itu sendiri, caranya adalah sebagai berikut:


1. Lepas karburator dari dudukanya, buka penampung bensin setelah terlepas, maka lepas pula main jet dan pilot jet taruh kedalam wadah agar tidak berantakan. Setelah itu lepas setelan angin yang ada pada bagian luar karburator, hati hati daat melepasnya karena terdapat per kecil dan ring juga karet sil kecil pula, ketok ketokan karburator dengan cara lubang angin tadi mengarah  ke telapak tangan agar ring tersebut keluar.

2. Setelah itu bersihkan karburator dengan angin bertekan tinggi atau kompresor, atau kalau tidak punya bisa pake alat seadanya dengan di tiup pake mulut juga boleh he he he.... tapi sebelumnya karburator di cuci dengan menggunakan bensin dan kuas, pastikan lubang lubang yang ada teraliri bensin.

3. Periksa pilot jet dan main jet, jangan sampai lubangnya tertutup oleh kotoran, mau di apakan saja terserah, tapi yang penting tidak ada kotoran yang menyumbat pilot jet maupun main jet.
4. Pasang kembali pilot jet dan main jet setelah itu pasang penampung bensinnya, di lanjutkan dengan memasang baut angin.

Baca: Modifikasi Yamaha RX King

5. Sebelum karburator di pasang kembali ke dudukannya, jangan lupa periksa pula filternya, biasanya hal ini yang sering terlupakan padahal filter yang sudah tersumbat kotoran atau debu akan memperburuk kinerja karburator itu sendiri dan membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros. Bersihkan dengan angin bertekanan tinggi, atau ganti bila perlu.

6. Setelah proses semua di atas selesai langkah selanjutnya adalah memasang kembali karburator ke dudukannya semula. Pastikan baut dudukannya terpasang dengan kencang, karena apabila terjadi kebocoran antara karburator dan manifol akan membuat motor kehilangan tenaga.

7. Setelah semua terpasang sekarang saatnya menyetel karburator. Caranya adalah hidupkan mesin, apabila gas di lepas mati tahan dengan tangan, putar setelan angin tadi hingga kencang, kemudian kendurkan 2.5 atau 1.5 putaran, ini untuk ukuran standart, sekarang tinggal menyetel stasioner, untuk menyetel stasioner pemirsa bisa memutar ke kanan setelan stasioner, dalam arti ke kanan untuk menambah stasioner, ke kiri untuk mengurangi.

Baca juga:



Selesai pemirsa, cukup sampai di sini penjelasan tentang cara menyetel karburator Yamaha RX King, semoga artikel di atas dapat membantu pemirsa dalam menyetel karburator Yamaha RX King.
Terimakasih telah berkunjung di blog otojan, semoga artikelnya bermanfaat.
Ads By Google :
Bantu share ya friends, Mention temen kamu yang perlu info ini juga yah :)
Cara Stel Karburator RX King - posted by Arif Juhari , published at 01.26, categorized as Tips . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

About Me :

Google+ Saya

histats